LinkedInAplikasi LokerTips Lowongan Kerja

Aplikasi LinkedIn: Cara Daftar dan Lamar Pekerjaan

Admin Lokerntt.com
63
×

Aplikasi LinkedIn: Cara Daftar dan Lamar Pekerjaan

Share this article

Aplikasi LinkedIn: Cara Daftar dan Lamar Pekerjaan – Anda ingin mencari pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat Anda? Anda ingin membangun jaringan profesional yang luas dan berkualitas? Anda ingin meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda di bidang yang Anda minati? Jika jawaban Anda adalah ya, maka Anda perlu menggunakan LinkedIn.

Aplikasi LinkedIn: Cara Daftar dan Lamar Pekerjaan
Aplikasi LinkedIn: Cara Daftar dan Lamar Pekerjaan

Apa itu LinkedIn?

LinkedIn adalah aplikasi yang dapat membantu Anda mencari pekerjaan, membangun jaringan profesional, dan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda. LinkedIn adalah platform media sosial yang dikhususkan untuk dunia kerja. Di LinkedIn, Anda dapat membuat profil profesional Anda, menampilkan pengalaman, pendidikan, keahlian, dan prestasi Anda. Anda juga dapat mencari dan melamar pekerjaan, mengikuti perusahaan dan organisasi, berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki minat dan bidang yang sama dengan Anda, dan belajar dari berbagai kursus dan artikel yang tersedia.

Bagaimana Cara Daftar LinkedIn?

Untuk dapat menggunakan LinkedIn, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Anda dapat mendaftar dengan menggunakan email, nomor telepon, atau akun media sosial Anda. Anda juga harus mengisi data pribadi, pendidikan, pengalaman, keahlian, dan lain-lain. Anda juga harus mengunggah foto dan CV Anda. Data Anda akan digunakan untuk membuat profil profesional Anda di LinkedIn.

Bagaimana Cara Cari Pekerjaan di LinkedIn?

Setelah Anda mendaftar, Anda dapat mulai mencari pekerjaan di LinkedIn. Anda dapat menggunakan fitur pencarian yang ada di aplikasi. Anda dapat memasukkan kata kunci, bidang, lokasi, gaji, dan filter lainnya yang Anda inginkan. Anda juga dapat melihat rekomendasi pekerjaan yang disesuaikan dengan profil Anda. Anda dapat melihat detail lowongan pekerjaan, seperti deskripsi, persyaratan, gaji, dan kontak perusahaan. Anda juga dapat menyimpan lowongan pekerjaan yang Anda minati untuk melamar nanti.

Bagaimana Cara Lamar Pekerjaan di LinkedIn?

Jika Anda sudah menemukan lowongan pekerjaan yang Anda inginkan, Anda dapat melamar pekerjaan secara online dari LinkedIn. Anda hanya perlu menekan tombol Apply, dan LinkedIn akan mengirimkan CV Anda ke perusahaan yang bersangkutan. Anda juga dapat mengirim pesan atau pertanyaan kepada perusahaan jika ada hal yang ingin Anda tanyakan. Anda dapat melihat status lamaran Anda di menu My Application. Anda juga akan mendapatkan notifikasi jika ada perusahaan yang tertarik dengan Anda.

Bagaimana Cara Membangun Jaringan Profesional di LinkedIn?

Selain mencari pekerjaan, Anda juga dapat membangun jaringan profesional Anda di LinkedIn. Anda dapat mengikuti perusahaan, organisasi, atau individu yang memiliki minat dan bidang yang sama dengan Anda. Anda juga dapat mengirim permintaan koneksi kepada orang-orang yang Anda kenal atau ingin kenal. Anda juga dapat berinteraksi dengan orang-orang di LinkedIn dengan memberi like, komentar, atau berbagi konten yang mereka posting. Anda juga dapat mengirim pesan atau mengajak orang-orang untuk berdiskusi atau berkolaborasi.

Tips Menggunakan LinkedIn

LinkedIn adalah salah satu platform media sosial yang paling populer dan berguna untuk dunia kerja. LinkedIn dapat membantu Anda mencari pekerjaan, membangun jaringan profesional, dan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda. Namun, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari LinkedIn, Anda perlu mengetahui cara menggunakan LinkedIn dengan baik dan benar. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk menggunakan LinkedIn secara efektif.

Buat Profil yang Menarik dan Profesional

Profil Anda adalah hal pertama yang dilihat oleh orang-orang di LinkedIn. Profil Anda adalah representasi diri Anda dan kesempatan Anda untuk menunjukkan siapa Anda, apa yang Anda bisa, dan apa yang Anda inginkan. Oleh karena itu, Anda perlu membuat profil yang menarik dan profesional. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat profil Anda:

  • Foto Profil: Gunakan foto yang jelas, terang, dan berkualitas. Foto Anda harus menampilkan wajah Anda dengan ekspresi yang ramah dan percaya diri. Hindari foto yang buram, gelap, atau tidak relevan dengan dunia kerja.
  • Judul Profil: Tulis judul profil yang singkat, padat, dan menarik. Judul profil Anda harus mencerminkan posisi, bidang, atau keahlian Anda. Anda juga dapat menambahkan kata-kata yang menunjukkan nilai atau tujuan Anda. Contoh: Marketing Manager | Membangun Merek yang Kuat dan Berkesan.
  • Ringkasan Profil: Tulis ringkasan profil yang informatif, menarik, dan personal. Ringkasan profil Anda harus menjelaskan siapa Anda, apa yang Anda lakukan, apa yang Anda tawarkan, dan apa yang Anda cari. Anda juga dapat menambahkan prestasi, penghargaan, atau proyek yang Anda banggakan. Gunakan gaya bahasa yang profesional, namun tetap bersahabat dan menyenangkan.
  • Pengalaman: Tulis pengalaman kerja Anda dengan detail dan relevan. Pengalaman kerja Anda harus mencakup nama perusahaan, posisi, periode, dan tanggung jawab Anda. Anda juga dapat menambahkan pencapaian, hasil, atau dampak yang Anda buat di setiap pekerjaan Anda. Gunakan kata-kata yang aktif, positif, dan spesifik.
  • Pendidikan: Tulis pendidikan formal Anda dengan lengkap dan benar. Pendidikan Anda harus mencakup nama institusi, jurusan, gelar, dan tahun lulus Anda. Anda juga dapat menambahkan prestasi, kegiatan, atau pengalaman yang Anda dapatkan selama menempuh pendidikan Anda.
  • Keahlian: Tulis keahlian yang Anda miliki dan relevan dengan bidang atau pekerjaan yang Anda minati. Keahlian Anda dapat berupa keterampilan teknis, keterampilan lunak, atau keterampilan bahasa. Anda juga dapat meminta rekomendasi atau validasi dari orang-orang yang mengenal Anda dan keahlian Anda.
  • Sertifikat: Tulis sertifikat yang Anda miliki dan relevan dengan bidang atau pekerjaan yang Anda minati. Sertifikat Anda dapat berupa sertifikat akademik, profesional, atau online. Anda juga dapat mengunggah bukti atau dokumen sertifikat Anda.
  • Portofolio: Tampilkan portofolio yang Anda miliki dan relevan dengan bidang atau pekerjaan yang Anda minati. Portofolio Anda dapat berupa karya tulis, desain, video, atau proyek yang Anda buat atau terlibat di dalamnya. Anda juga dapat mengunggah atau memberikan tautan portofolio Anda.

Cari dan Lamar Pekerjaan yang Sesuai dengan Anda

LinkedIn adalah salah satu sumber terbaik untuk mencari dan melamar pekerjaan. LinkedIn dapat menampilkan lowongan pekerjaan dari berbagai bidang, lokasi, dan perusahaan yang sesuai dengan profil dan preferensi Anda. Anda juga dapat melamar pekerjaan secara online dari LinkedIn. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mencari dan melamar pekerjaan di LinkedIn:

  • Gunakan Fitur Pencarian: Gunakan fitur pencarian yang ada di LinkedIn untuk mencari pekerjaan yang Anda inginkan. Anda dapat memasukkan kata kunci, bidang, lokasi, gaji, dan filter lainnya yang Anda inginkan. Anda juga dapat melihat rekomendasi pekerjaan yang disesuaikan dengan profil Anda.
  • Lihat Detail Lowongan: Lihat detail lowongan pekerjaan yang Anda minati dengan seksama. Lihat deskripsi, persyaratan, gaji, dan kontak perusahaan yang menawarkan pekerjaan tersebut. Pastikan Anda memenuhi kualifikasi dan tertarik dengan pekerjaan tersebut.
  • Lamar Pekerjaan: Lamar pekerjaan yang Anda minati dengan mudah dan cepat dari LinkedIn. Anda hanya perlu menekan tombol Apply, dan LinkedIn akan mengirimkan CV Anda ke perusahaan yang bersangkutan. Anda juga dapat mengirim pesan atau pertanyaan kepada perusahaan jika ada hal yang ingin Anda tanyakan. Pastikan CV dan pesan Anda sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.
  • Pantau Status Lamaran: Pantau status lamaran Anda di menu My Application. Anda dapat melihat apakah lamaran Anda sudah diterima, ditolak, atau diproses oleh perusahaan. Anda juga dapat melihat apakah ada perusahaan yang menghubungi Anda untuk mengundang Anda ke tahap selanjutnya, seperti tes atau wawancara.

Bangun dan Perluas Jaringan Profesional Anda

LinkedIn adalah salah satu platform terbaik untuk membangun dan memperluas jaringan profesional Anda. Jaringan profesional Anda adalah kumpulan orang-orang yang memiliki minat dan bidang yang sama dengan Anda, atau yang dapat memberikan Anda peluang dan manfaat dalam dunia kerja. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membangun dan memperluas jaringan profesional Anda di LinkedIn:

  • Ikuti Perusahaan dan Organisasi: Ikuti perusahaan dan organisasi yang memiliki minat dan bidang yang sama dengan Anda, atau yang menawarkan pekerjaan yang Anda inginkan. Anda dapat melihat informasi, berita, dan lowongan pekerjaan yang mereka posting di LinkedIn. Anda juga dapat berinteraksi dengan mereka dengan memberi like, komentar, atau berbagi konten yang mereka posting.
  • Kirim Permintaan Koneksi: Kirim permintaan koneksi kepada orang-orang yang Anda kenal atau ingin kenal di LinkedIn. Anda dapat mencari orang-orang berdasarkan nama, posisi, perusahaan, atau kriteria lainnya. Anda juga dapat melihat rekomendasi koneksi yang disesuaikan dengan profil Anda. Anda juga dapat menambahkan pesan personal yang menyertai permintaan koneksi Anda.
  • Berinteraksi dengan Orang-orang: Berinteraksi dengan orang-orang di LinkedIn dengan memberi like, komentar, atau berbagi konten yang mereka posting. Anda juga dapat mengirim pesan atau mengajak orang-orang untuk berdiskusi atau berkolaborasi. Tunjukkan sikap yang sopan, ramah, dan profesional. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih dan menyampaikan harapan Anda.
  • Bergabung dengan Grup: Bergabung dengan grup yang memiliki minat dan bidang yang sama dengan Anda, atau yang dapat memberikan Anda peluang dan manfaat dalam dunia kerja. Anda dapat melihat dan berpartisipasi dalam diskusi, pertanyaan, atau konten yang ada di grup. Anda juga dapat mengenal dan berinteraksi dengan anggota grup lainnya.

Tingkatkan Keterampilan dan Pengetahuan Anda

LinkedIn adalah salah satu sumber terbaik untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda. LinkedIn dapat memberikan Anda akses ke berbagai kursus dan artikel yang berkualitas dan bermanfaat. Anda juga dapat belajar dari pengalaman, saran, atau cerita yang dibagikan oleh orang-orang di LinkedIn. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Anda di LinkedIn:

  • Ikuti Kursus: Ikuti kursus yang sesuai dengan keahlian, minat, atau tujuan Anda di LinkedIn. Anda dapat memilih dari berbagai kursus yang tersedia, baik yang gratis maupun berbayar. Anda juga dapat melihat rekomendasi kursus yang disesuaikan dengan profil Anda. Anda dapat belajar dari materi, video, atau latihan yang disajikan oleh instruktur yang ahli dan berpengalaman.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna LinkedIn:

  • Apakah LinkedIn gratis atau berbayar?
    • LinkedIn memiliki dua jenis akun, yaitu akun gratis dan akun premium. Akun gratis dapat mengakses fitur-fitur dasar LinkedIn, seperti membuat profil, mencari dan melamar pekerjaan, mengikuti perusahaan dan organisasi, dan berinteraksi dengan orang-orang. Akun premium dapat mengakses fitur-fitur tambahan, seperti melihat siapa yang melihat profil Anda, mendapatkan insight pekerjaan, mengakses kursus dan artikel premium, dan mendapatkan bantuan dari ahli LinkedIn.
  • Apakah LinkedIn aman dan terpercaya?
    • Ya, LinkedIn aman dan terpercaya. LinkedIn tidak akan mengambil atau membagikan data pribadi Anda tanpa izin Anda. LinkedIn juga hanya menampilkan informasi lowongan pekerjaan yang asli dan terverifikasi dari berbagai sumber yang terpercaya. LinkedIn juga memiliki kebijakan dan standar yang ketat untuk menjaga kualitas dan integritas konten dan komunitas yang ada di platformnya.
  • Bagaimana cara menghubungi tim LinkedIn?
    • Anda dapat menghubungi tim LinkedIn melalui email di support@linkedin.com, atau melalui media sosial di Facebook, Twitter, dan Instagram. Anda juga dapat memberikan saran, kritik, atau masukan melalui menu Feedback di aplikasi.
Example 120x600