WhatsAppTips Trik

WhatsApp Blast: Apa Itu, Bagaimana Cara Melakukannya, dan Apa Saja Keuntungannya?

Admin Lokerntt.com
127
×

WhatsApp Blast: Apa Itu, Bagaimana Cara Melakukannya, dan Apa Saja Keuntungannya?

Share this article

WhatsApp Blast: Apa Itu, Bagaimana Cara Melakukannya, dan Apa Saja Keuntungannya? – Lokerntt.com, WhatsApp adalah aplikasi pesan yang sangat populer di dunia. Aplikasi ini memiliki lebih dari dua miliar pengguna aktif yang menggunakan fitur-fitur seperti chat, panggilan, video call, status, dan lain-lain. WhatsApp juga memiliki fitur broadcast yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan ke banyak kontak sekaligus. Namun, fitur ini memiliki batasan, yaitu hanya bisa mengirim pesan ke maksimal 256 kontak yang sudah menyimpan nomor pengirim. Lalu, bagaimana jika Anda ingin mengirim pesan ke lebih dari 256 kontak, atau bahkan ribuan kontak, tanpa harus menyimpan nomor mereka? Jawabannya adalah WhatsApp blast. Apa itu WhatsApp blast? Bagaimana cara melakukannya? Dan apa saja keuntungannya? Simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

WhatsApp Blast: Apa Itu, Bagaimana Cara Melakukannya, dan Apa Saja Keuntungannya?
WhatsApp Blast: Apa Itu, Bagaimana Cara Melakukannya, dan Apa Saja Keuntungannya?

Apa Itu WhatsApp Blast?

WhatsApp blast adalah teknik mengirim pesan massal ke banyak kontak WhatsApp tanpa harus menyimpan nomor mereka. WhatsApp blast biasanya dilakukan dengan menggunakan aplikasi atau layanan pihak ketiga yang bisa terhubung dengan WhatsApp. Aplikasi atau layanan ini bisa mengirim pesan ke kontak yang diinginkan, baik yang sudah menyimpan nomor pengirim maupun yang belum. WhatsApp blast bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti promosi, informasi, edukasi, hiburan, atau lain-lain.

Bagaimana Cara Melakukan WhatsApp Blast?

Untuk melakukan WhatsApp blast, Anda memerlukan beberapa hal, antara lain:

  • Nomor WhatsApp yang akan digunakan sebagai pengirim. Anda bisa menggunakan nomor WhatsApp pribadi, bisnis, atau khusus untuk WhatsApp blast. Pastikan nomor ini tidak terblokir oleh WhatsApp karena melanggar kebijakan atau mendapatkan banyak laporan dari pengguna lain.
  • Daftar kontak yang akan dikirimi pesan. Anda bisa membuat daftar kontak yang akan dikirimi pesan dengan cara manual, yaitu mengetikkan nomor-nomor yang diinginkan, atau dengan cara otomatis, yaitu menggunakan aplikasi atau layanan yang bisa mengumpulkan nomor-nomor dari berbagai sumber, seperti media sosial, website, database, atau lain-lain. Pastikan daftar kontak ini sesuai dengan target audiens dan tujuan Anda.
  • Pesan yang akan dikirim. Anda bisa membuat pesan yang akan dikirim dengan cara manual, yaitu menulis teks, gambar, video, audio, dokumen, atau konten lain yang diinginkan, atau dengan cara otomatis, yaitu menggunakan aplikasi atau layanan yang bisa membuat pesan berdasarkan template, kata kunci, atau konten lain yang relevan. Pastikan pesan ini menarik, informatif, dan sesuai dengan etika dan kebijakan WhatsApp.
  • Aplikasi atau layanan yang akan digunakan untuk WhatsApp blast. Anda bisa memilih aplikasi atau layanan yang akan digunakan untuk WhatsApp blast dari berbagai pilihan yang tersedia di internet, baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa contoh aplikasi atau layanan yang bisa digunakan untuk WhatsApp blast adalah WA Sender Pro, WhatsApp Marketing, WABlaster, WABulkSender, dan lain-lain. Pastikan aplikasi atau layanan ini aman, terpercaya, dan mudah digunakan.

Setelah Anda memiliki semua hal yang dibutuhkan, Anda bisa melakukan WhatsApp blast dengan langkah-langkah berikut:

  • Menginstal dan mengaktifkan aplikasi atau layanan yang dipilih. Anda harus menginstal dan mengaktifkan aplikasi atau layanan yang dipilih di ponsel, komputer, atau laptop Anda. Anda juga harus menghubungkan nomor WhatsApp yang akan digunakan sebagai pengirim dengan aplikasi atau layanan tersebut. Biasanya, Anda harus memindai kode QR yang ada di aplikasi atau layanan tersebut dengan kamera ponsel Anda. Dengan begitu, nomor WhatsApp Anda akan terdaftar dan terverifikasi oleh aplikasi atau layanan tersebut.
  • Mengimpor atau menambahkan daftar kontak yang akan dikirimi pesan. Anda harus mengimpor atau menambahkan daftar kontak yang akan dikirimi pesan ke aplikasi atau layanan yang dipilih. Anda bisa mengimpor daftar kontak dari file Excel, CSV, TXT, atau format lain yang didukung oleh aplikasi atau layanan tersebut. Anda juga bisa menambahkan daftar kontak secara manual, yaitu dengan mengetikkan nomor-nomor yang diinginkan. Anda juga bisa mengelompokkan daftar kontak berdasarkan kategori, misalnya nama, lokasi, usia, jenis kelamin, atau lain-lain.
  • Membuat atau memilih pesan yang akan dikirim. Anda harus membuat atau memilih pesan yang akan dikirim ke daftar kontak yang sudah ditentukan. Anda bisa membuat pesan secara manual, yaitu dengan menulis teks, gambar, video, audio, dokumen, atau konten lain yang diinginkan. Anda juga bisa memilih pesan dari template, kata kunci, atau konten lain yang sudah disediakan oleh aplikasi atau layanan tersebut. Anda juga bisa menyesuaikan pesan dengan menambahkan variabel, misalnya nama, lokasi, waktu, atau lain-lain, yang bisa diganti sesuai dengan data kontak yang dikirimi pesan.
  • Mengirim pesan. Anda bisa mengirim pesan ke daftar kontak yang sudah ditentukan dengan cara manual, yaitu dengan menekan tombol kirim di aplikasi atau layanan yang dipilih, atau dengan cara otomatis, yaitu dengan mengatur jadwal, frekuensi, atau jumlah pesan yang akan dikirim. Anda juga bisa melihat laporan pengiriman pesan, seperti jumlah pesan yang terkirim, terbaca, dibalas, atau gagal.

Apa Saja Keuntungan Melakukan WhatsApp Blast?

Melakukan WhatsApp blast memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Meningkatkan jangkauan dan interaksi. Dengan melakukan WhatsApp blast, Anda bisa mengirim pesan ke banyak kontak sekaligus, tanpa harus menyimpan nomor mereka. Hal ini bisa meningkatkan jangkauan dan interaksi Anda dengan kontak-kontak tersebut, terutama jika pesan Anda menarik, informatif, dan relevan. Anda juga bisa mendapatkan feedback, respon, atau masukan dari kontak-kontak tersebut, yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan kualitas produk, layanan, atau konten Anda.
  • Meningkatkan kesadaran dan loyalitas. Dengan melakukan WhatsApp blast, Anda bisa mengirim pesan yang berkaitan dengan produk, layanan, atau konten Anda ke banyak kontak sekaligus, tanpa harus menyimpan nomor mereka. Hal ini bisa meningkatkan kesadaran dan loyalitas kontak-kontak tersebut terhadap produk, layanan, atau konten Anda, terutama jika pesan Anda bermanfaat, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Anda juga bisa mengirim pesan yang berisi promosi, diskon, penawaran, atau informasi lain yang bisa meningkatkan minat dan kepuasan kontak-kontak tersebut terhadap produk, layanan, atau konten Anda.
  • Menghemat waktu dan biaya. Dengan melakukan WhatsApp blast, Anda bisa menghemat waktu dan biaya yang biasanya diperlukan untuk mengirim pesan ke banyak kontak secara satu per satu. Anda juga bisa menghemat waktu dan biaya yang biasanya diperlukan untuk membuat atau memilih pesan yang akan dikirim, dengan menggunakan aplikasi atau layanan yang bisa membuat atau memilih pesan secara otomatis. Anda juga bisa menghemat waktu dan biaya yang biasanya diperlukan untuk mengelola atau mengupdate daftar kontak yang akan dikirimi pesan, dengan menggunakan aplikasi atau layanan yang bisa mengimpor atau menambahkan daftar kontak secara otomatis.

Kesimpulan

WhatsApp blast adalah teknik mengirim pesan massal ke banyak kontak WhatsApp tanpa harus menyimpan nomor mereka. WhatsApp blast biasanya dilakukan dengan menggunakan aplikasi atau layanan pihak ketiga yang bisa terhubung dengan WhatsApp. WhatsApp blast bisa digunakan untuk berbagai tujuan, seperti promosi, informasi, edukasi, hiburan, atau lain-lain. WhatsApp blast memiliki beberapa keuntungan, seperti meningkatkan jangkauan dan interaksi, meningkatkan kesadaran dan loyalitas, dan menghemat waktu dan biaya.

  • Menghemat waktu dan biaya. Dengan melakukan WhatsApp blast, Anda bisa menghemat waktu dan biaya yang biasanya diperlukan untuk mengirim pesan ke banyak kontak secara satu per satu. Anda juga bisa menghemat waktu dan biaya yang biasanya diperlukan untuk membuat atau memilih pesan yang akan dikirim, dengan menggunakan aplikasi atau layanan yang bisa membuat atau memilih pesan secara otomatis. Anda juga bisa menghemat waktu dan biaya yang biasanya diperlukan untuk mengelola atau mengupdate daftar kontak yang akan dikirimi pesan, dengan menggunakan aplikasi atau layanan yang bisa mengimpor atau menambahkan daftar kontak secara otomatis.
  • WhatsApp blast juga memiliki beberapa risiko, antara lain:
    • Melanggar kebijakan dan etika WhatsApp. Dengan melakukan WhatsApp blast, Anda bisa melanggar kebijakan dan etika WhatsApp yang melarang pengguna untuk mengirim pesan massal yang tidak diinginkan, tidak relevan, atau mengganggu oleh penerima. WhatsApp bisa mendeteksi dan menghentikan aktivitas WhatsApp blast yang melanggar kebijakan dan etika tersebut, dengan cara memblokir nomor pengirim, menghapus pesan, atau mengambil tindakan lain yang sesuai. Jika Anda terus menerus melanggar kebijakan dan etika WhatsApp, Anda bisa kehilangan akses ke WhatsApp secara permanen.
    • Menimbulkan ketidaknyamanan dan ketidaksukaan penerima. Dengan melakukan WhatsApp blast, Anda bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan ketidaksukaan penerima yang menerima pesan massal yang tidak diinginkan, tidak relevan, atau mengganggu. Penerima bisa merasa terganggu, tersinggung, atau marah dengan pesan yang Anda kirim, terutama jika pesan tersebut mengandung konten yang negatif, menyesatkan, atau menipu. Penerima juga bisa melaporkan atau memblokir nomor Anda, atau bahkan mengambil tindakan hukum jika pesan yang Anda kirim melanggar hak atau kepentingan mereka.
    • Menurunkan kredibilitas dan reputasi pengirim. Dengan melakukan WhatsApp blast, Anda bisa menurunkan kredibilitas dan reputasi Anda sebagai pengirim yang mengirim pesan massal yang tidak diinginkan, tidak relevan, atau mengganggu. Anda bisa dianggap sebagai spammer, penipu, atau pelaku usaha yang tidak profesional oleh penerima. Hal ini bisa berdampak negatif pada citra dan kepercayaan Anda di mata penerima, yang bisa mengurangi minat dan loyalitas mereka terhadap produk, layanan, atau konten Anda.

Cara Mencegah dan Mengatasi Risiko WhatsApp Blast

Meskipun WhatsApp blast memiliki banyak keuntungan, Anda juga harus berhati-hati dan bertanggung jawab dalam melakukan WhatsApp blast, agar tidak menimbulkan risiko yang bisa merugikan Anda maupun penerima. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi risiko WhatsApp blast, antara lain:

  • Mematuhi kebijakan dan etika WhatsApp. Anda harus mematuhi kebijakan dan etika WhatsApp yang mengatur penggunaan fitur broadcast dan pengiriman pesan massal. Anda harus menghindari mengirim pesan massal yang tidak diinginkan, tidak relevan, atau mengganggu oleh penerima. Anda juga harus menghindari mengirim pesan massal yang mengandung konten yang negatif, menyesatkan, atau menipu. Anda juga harus menghormati hak dan kepentingan penerima, dan tidak mengirim pesan massal yang melanggar hukum atau norma sosial.
  • Menyaring dan mengelompokkan daftar kontak yang akan dikirimi pesan. Anda harus menyaring dan mengelompokkan daftar kontak yang akan dikirimi pesan, agar pesan yang Anda kirim sesuai dengan target audiens dan tujuan Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi atau layanan yang bisa mengumpulkan, mengimpor, menambahkan, atau mengelompokkan daftar kontak secara otomatis, berdasarkan kriteria yang Anda tentukan, seperti nama, lokasi, usia, jenis kelamin, atau lain-lain. Anda juga bisa meminta izin atau persetujuan dari penerima sebelum mengirim pesan massal, agar mereka tidak merasa terganggu atau tersinggung.
  • Menyesuaikan dan menguji pesan yang akan dikirim. Anda harus menyesuaikan dan menguji pesan yang akan dikirim, agar pesan yang Anda kirim menarik, informatif, dan relevan dengan kebutuhan dan minat penerima. Anda bisa menggunakan aplikasi atau layanan yang bisa membuat, memilih, atau menyesuaikan pesan secara otomatis, berdasarkan template, kata kunci, atau konten lain yang relevan. Anda juga bisa menambahkan variabel, seperti nama, lokasi, waktu, atau lain-lain, yang bisa diganti sesuai dengan data kontak yang dikirimi pesan. Anda juga bisa menguji pesan yang akan dikirim, dengan mengirimnya ke nomor Anda sendiri atau nomor lain yang Anda percayai, agar Anda bisa melihat hasil dan efeknya sebelum mengirimnya ke daftar kontak.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar WhatsApp blast, beserta jawabannya.

  • Q: Apakah WhatsApp blast sama dengan WhatsApp broadcast?
  • A: Tidak, WhatsApp blast dan WhatsApp broadcast adalah dua hal yang berbeda. WhatsApp broadcast adalah fitur yang disediakan oleh WhatsApp untuk mengirim pesan ke banyak kontak sekaligus, dengan batasan maksimal 256 kontak yang sudah menyimpan nomor pengirim. WhatsApp blast adalah teknik mengirim pesan massal ke banyak kontak WhatsApp tanpa harus menyimpan nomor mereka, dengan menggunakan aplikasi atau layanan pihak ketiga yang bisa terhubung dengan WhatsApp.
  • Q: Apakah WhatsApp blast legal dan aman?
  • A: WhatsApp blast bisa legal dan aman, asalkan Anda mematuhi kebijakan dan etika WhatsApp, menghormati hak dan kepentingan penerima, dan tidak mengirim pesan massal yang melanggar hukum atau norma sosial. Namun, WhatsApp blast juga bisa ilegal dan berbahaya, jika Anda melanggar kebijakan dan etika WhatsApp, mengganggu atau menipu penerima, atau mengirim pesan massal yang melanggar hukum atau norma sosial. Anda juga harus berhati-hati dalam memilih aplikasi atau layanan yang akan digunakan untuk WhatsApp blast, karena beberapa aplikasi atau layanan bisa mengandung virus, spyware, malware, atau perangkat lunak jahat lain yang bisa membahayakan ponsel Anda atau ponsel penerima.
  • Q: Apakah WhatsApp blast efektif untuk meningkatkan penjualan atau promosi?
  • A: WhatsApp blast bisa efektif untuk meningkatkan penjualan atau promosi, asalkan Anda mengirim pesan massal yang menarik, informatif, dan relevan dengan produk, layanan, atau konten Anda. Anda juga harus mengirim pesan massal yang sesuai dengan target audiens dan tujuan Anda, dengan cara menyaring dan mengelompokkan daftar kontak yang akan dikirimi pesan. Anda juga harus mengirim pesan massal yang bermanfaat, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan dan minat penerima, dengan cara menyesuaikan dan menguji pesan yang akan dikirim. Anda juga harus mengirim pesan massal yang mengandung promosi, diskon, penawaran, atau informasi lain yang bisa meningkatkan minat dan kepuasan penerima terhadap produk, layanan, atau konten Anda.
  • Q: Apakah saya bisa mengirim pesan massal ke kontak yang tidak menggunakan WhatsApp?
  • A: Tidak, Anda tidak bisa mengirim pesan massal ke kontak yang tidak menggunakan WhatsApp, karena WhatsApp blast hanya bisa terhubung dengan WhatsApp. Jika Anda ingin mengirim pesan massal ke kontak yang tidak menggunakan WhatsApp, Anda harus menggunakan aplikasi atau layanan lain yang bisa terhubung dengan media sosial, email, SMS, atau platform lain yang digunakan oleh kontak tersebut.
  • Q: Apakah saya bisa mengirim pesan massal ke kontak yang sudah memblokir nomor saya?
  • A: Tidak, Anda tidak bisa mengirim pesan massal ke kontak yang sudah memblokir nomor Anda, karena WhatsApp blast tidak bisa mengabaikan atau menembus fitur blokir yang ada di WhatsApp. Jika Anda ingin mengirim pesan massal ke kontak yang sudah memblokir nomor Anda, Anda harus menggunakan nomor lain yang belum diblokir oleh kontak tersebut.
Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp: Panduan Lengkap dan Praktis
Cara Enter di WhatsApp Web: Panduan Mudah dan Praktis
Pengunduhan Gagal di WhatsApp: Cara Atasi Dengan Mudah
Cara Keluar dari WhatsApp Web dengan Aman dan Cepat
WhatsApp Web: Cara Mengakses WhatsApp di Komputer atau Laptop dengan Mudah
Cara Mengatasi Status WhatsApp Pecah dan Buram
Cara Menghapus Stiker WhatsApp yang Tidak Dibutuhkan Lagi
Cara Mengubah Suara Voice Note di WhatsApp dengan Mudah dan Seru
Deskripsi Grup WhatsApp Aesthetic: Cara Membuat dan Contoh Menariknya
Cara Ubah Whatsapp Pribadi ke WA Bisnis untuk Meningkatkan Omset Anda
Cara Broadcast Message di WhatsApp, Mengirim Banyak Nomor Tanpa Batas
Cara Mudah Membuat Pesan Otomatis di Whatsapp Untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan
Ini Cara Hapus Status WA Orang Lain Dengan Mudah
Cara Membuka Cadangan WA di Google Drive dengan Mudah
Cara Mengetahui WhatsApp Kita Disadap Orang Lain
Cara Download dan Instal WhatsApp Mod dengan Aman
WhatsApp Blast: Apa Itu, Bagaimana Cara Melakukannya, dan Apa Saja Keuntungannya?
Aplikasi Sadap WhatsApp: Apa Itu, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apa Saja Risikonya?
Tips dan Trik Cara Agar Foto Profil WhatsApp Tidak Blur
Panduan Lengkap Cara Mengganti Foto Profil WhatsApp dengan Mudah
Cara Menyembunyikan Foto Profil WhatsApp dari Orang Lain
Ukuran Foto Profil WhatsApp yang Tepat Agar Tidak Pecah dan Full
Cara Mengatasi Foto Profil WhatsApp yang Tidak Muncul
Cara Membuat Nada Dering WA Sebut Nama dengan Suara Google
WhatsApp Mod: Apa Itu, Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Menggunakannya
Solusi Jitu Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp yang Tidak Masuk
Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri dengan Mudah dan Cepat
WhatsApp iPad: Cara Download, Instal, dan Menggunakan WhatsApp di iPad
Solusi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka, Gagal Login, atau Error
Cara Downgrade WhatsApp ke Versi Lama dengan Mudah dan Aman
Cara Membuat Fake Chat WhatsApp dengan Mudah dan Cepat
Cara Telpon dan VC di WhatsApp Web dengan Laptop
Cara Mendapatkan Saldo DANA Gratis dengan Mudah dan Cepat
Cara Menyadap Chat WA Si Dia Tanpa Diketahui
Example 120x600